Just another WordPress.com weblog

Gold Solution:Sebuah Solusi Emas: dengan kualitas,tim Boeing menciptakan lingkungan bekerja yang aman

Dengan menggunakan peralatan kualitas, satu tim produksi pesawat Boeing hadir dengan solusi yang menghilangkan kondisi  berbahaya yang muncul pada saat pemasangan detail ekor pesawat. Tim ini juga memprakarsai proses pengembangan dengan hasil yang positif pada bidang-bidang kualitas, harga, dan jadwal disertai pengaruh langsung atas tujuan perusahaan.

Disponsori oleh tim ASQ dan Forum Workplace Excellence, Tim Stuffed Tailcone mengerjakan proyek Boeing C-17. Proyek tersebut dibuat karena Tim Produksi peduli tentang bahaya yang terjadi ketika pemasangan detail interior dari ekor pesawat. Tempat pemasangan berada 20 kaki dari lantai, sementara fasilitas seperti, akses, tempat berdiri dan tangga kurang.

Ekor pesawat Boeing C-17 berada di belakang pesawat yang berisi banyak komponen-komponen termasuk bagian-bagian manufaktur, alat pencepat dan  kabel-kabel yang terpasang sebagai pendukung fasilitas di dalam pesawat. Intinya hasil kerja Tim Produksi dulunya  tidak memenuhi sasaran perusahaan dalam hal kualitas, ketepatan waktu, efisiensi dan cycle time untuk continuous improvement.

Satu keuntungan dalam memilih proyek ini adalah biaya implementasi yang murah, selesai dengan cepat sesuai dengan rencana strategis dan tujuan organisasi yaitu menjadi pemimpin global dalam penerapan “safety” atau keselamatan kerja, berkualitas yang tinggi, efisiens, penggunaan asset yang tidak boros, harga yang murah dan penerapan prinsip-prinsip lean serta menjanjikan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar

Tujuan dari proyek ini adalah:

  • Menghilangkan lingkungan kerja yang  berbahaya
  • Mengadopsi budaya lean
  • Meningkatkan kualitas sebesar 10%
  • Menurunkan waktu kerja lebih dari 30%
  • Menurunkan cycle time
  • Memotong span time sebesar dua hari

Stakeholder internal dan eksternal terlibat dalam proyek ini.  Mereka memulai dengan value stream mapping.  Setiap anggota memberikan umpan balik dan menganalisa data bagaimana proyek tersebut mempengaruhi kinerja mereka.  Mekanik memberikan arahan dari proyek, production control memberikan informasi ketersediaan parts, personnel bagian engineering, quality dan facilities melakukan cost dan time analysis mengenai perubahan peralatan, risk assessment dan perbaikan area kerja.

Hasil yang diperoleh antara lain :

  • Terciptanya efisiensi penggunaan aset perusahaan
  • Tidak ada rework
  • Menurunnya biaya keseluruhan
  • Menurunnya waktu instalasi
  • Memperbesar peluang menjadi pemimpin global dalam penerapan “safety”, atau keselamatan kerja
  • Mengimplementasikan lean pada produk dan proses

Para anggota tim menggunakan peralatan  dan metode kualitas untuk mengidentifikasi akar masalah kondisi berbahaya di sekitar pemasangan  ekor pesawat, ini mencakup:

5R+S: ringkas, rapi, resik, rawat, rajin, dan safety sebagai pondasi untuk penerapa lean.

Value stream mapping : merupakan tool untuk memahami aliran material dan informasi dalam pemasangan ekor pesawat.

Cause and effect diagrams (diagram sebab dan akibat): mengidentifikasi akar penyebab masalah keselamatan dan hasil kerja.

Trend analysis (analisis trend):  digunakan untuk meriview ukuran kinerja untuk mengidentifikasi ketidakefisienan di dalam proses.

Dari analisa di atas, tim sepakat dengan solusi untuk memindahkan kegiatan instalasi ke tailcone supplier. Keputusan ini meningkatkan efisiensi proses internal. Proses yang baru kemudian diintegrasikan pada value stream map. Hasil akhir dari proyek ini adalah: menurunnya faktor resiko terjadinya kecelakaan, meningkatnya employee morale, financial dan schedule benefit, ROI lebih besar  di atas target perusahaan.

Disarikan oleh Yoseva Silaen, Pustakawan PQM , dari artikel majalah Quality Progress (QP) edisi Maret 2008 Judul asli

“A Gold Medal Solution: Boeing team uses quality to create a safer working environment”, oleh Nicole Adrian.Sudah terbit di PQM Newsletter E. 4 Oktober 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: